Mau Cari Kost? Siap-siap dulu yuk!

5 comments
Mumpung gue lagi getol-getolnya nyari kosan 2 minggu terakhir ini, gue mau share sedikit pengalaman tentang kos-kosan yg mungkin bisa useful. Meski ternyata hasil akhirnya agak melenceng dari yang direncanakan, yah itung-itung bagi ilmu lah, hahaha. 

***

First Preparation

1. Niat

WILL IS THE POWER!

2. Pilih waktu yang kondusif  

Alias gak terlalu mepet dan rushy. Maksudnya, waktu nya gak bentrokan sama rutinitas kamu, jadinya gak ngerasa dikejar-kejar dan keburu-buru. Soalnya itu bisa ngaruh sama tingkat fokus dan konsentrasi pencarian kamu.

3. Prasarana

Ada beberapa saran sih :

- Sendirian
Lebih fleksibel nyarinya, gak perlu ngerasa gak enak sama siapa" dan bisa lebih fokus.
   
- Sama temen
Jelas lebih enak, selaen gak cepet letih dan bosen, yg jelas dengan 2 pasang mata ato lebih, pastinya bakalan lebih jeli ngeliat plakat dan plang-plang "terima kos" dan mata gak terlalu sliwer kalo seumpama ada kosan kosong tapi kamu meleng gak liat, kan ada temen kamu yg mungkin liat. Disaranin sih boncengan aja, entah sepeda atau motor, bebas. Gak ribet.

- Sepeda
Transportasi yg paling disarankan. Nggak ngundang perhatian sekitar kalo niatnya cuma sekedar ngintip-ngintip dan liat-liat rumah doang karena berisiknya mesin motor. Gak ribet juga ngendarainnya, lebih compact aja gicu. Gak enaknya? Gak bisa terlalu jauh dari tempat tinggal kamu. Tapi silahkan sih kalo punya betis tahan gempor dan doyan nggenjot. #eh

- Motor
Gak cepet capek, eksplorasi bisa luas ke daerah/tempat yg agak berjauhan, yg jelas prepare dana bensin tambahan aja sih,

***

On-the-field

Oke, kita udah masuk ke medan perang, dan berikut adalah metode jitu yg gue pake:

1. JANGAN SOMBONG NYARI SENDIRI, TANYA WARGA SEKITAR

Serius. 

Salah besar kalo kamu memulai pencarian dengan cara ngeliat-liat dan nyari-nyari plakat "terima kos" padahal kamu sendiri juga belum tentu hafal dan tau daerah setempat. Trust me , it's extremely WASTING YOUR TIME .

So? Ya kamu tanya warga sekitar dimana kira-kira ada tempat kosan. Jangan pegel dan bosen-bosen apalagi pake tengsinan segala buat nanya. Dan lagi, gak usah sakit hati kalo disasarin, yang kamu tanyain bisa aja sok tau ato emang beneran gak tau dan cuma ngasih saran model " kali disitu ada".
Paling nggak dia udah niatan mau bantu kamu kan? Cukup ucapin terima kasih, beres.

2. PINTER MENCERNA LOKASI

Jangan buang-buang waktu kamu di lokasi yang secara logis emang gak mungkin ada kosan di situ. Contoh, kamu nyari kosan di pasar ayam. Siapa juga yang mau bangun rumah kosan yg bikin penghuninya jadi bau ayam dan keganggu kokokpetok nya ayam kate setiap pagi? Nah, gitu deh maksud gue.

Coba cari di sekitar kampus atau mall-mall terpandang, ato proyek-proyek gedung gede. Jelas lebih prospektif. Kalo kamu nyari di sekitaran mall ato proyek, siapin aja kocek yg agak dalem buat bayar perbulanan nya. Biasanya agak mahal sih.

Disaranin sih cari disekitar kampus, selain harganya yg miring karena nyesuaiin kantong mahasiswa, pastinya juga letak kos-kosan disitu sungguh melimpah karena jumlah mahasiswa sendiri gak cuman sebiji dua biji kan?

Tahap akhir


Udah ketemu? Horeeeeeeee!

Selain kamu harus bersyukur sama Tuhan, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangin sebelum kamu nyesel udah pindahan capek-capek apalagi udah nge-DP .

1. Kamu pastinya udah matok standar kenyamanan kamu sendiri lah, ngecek sistem sanitasi, listrik, sumber air dan kebersihannya udah jelas harus kamu liat pertama kali. 

2. Tanya sama penghuni kos disitu, mereka betah apa nggak. Kalo betah ya pasti ada kemungkinan tempat nya layak buat di huni.

3. Liat kepribadian sang empunya kosan. 

Disarankan cari yg masih paruh baya, udah married gakpapa. Sukur-sukur dapet yang Abege, bisa sekalian digebet. Yang jelas sih JANGAN  mbah-mbah, soalnya kalo udah tua biasanya reseh. Dan lagi cari yang normal, jangan transgender. Emang mau punya Bapak/ibu kos bencong? Doyan digodain?  Lebih enak kamu cari pengurus/pemiliknya gak tinggal satu rumah juga sama kamu. Selain gak ribet, kamu juga bisa lebih "bebas bernafas" tanpa ngerasa parno tiap hari diawasin.

***

5 comments:

  1. kalo gue sih yang penting kosannya aman dan bapak/ibu kosnya ga kepo~

    ReplyDelete
  2. Paling mudah mencari kos adalah lewat internet, Tapi saya setuju banget dengan artikel ini.

    Blog Saya

    ReplyDelete