Kopi Seribuan, Nikmat Ribuan

18 comments
Source

Hampir semua orang Indonesia pasti seneng kopi dan punya kopi favoritnya masing-masing. Apalagi, sekarang makin marak kedai-kedai kopi gede kayak Starbucks dan J.CO, kok rasanya nyari kopi yang enak jadi makin menguras kantong.

Tapi ternyata para produsen kopi instant sachet nggak kehabisan akal.

Mereka memberikan alternatif dimana kita tetap merasakan kopi yang enak dan unik, tanpa harus nguras kantong dan bayar transport. Meski varian rasa kopi instant yang sekarang beredar seringkali bikin bingung.

1. Luwak White Coffee

Ini kopi, adalah kopi paling nggak enak yang pernah gue coba. Mungkin guenya yang ndeso. Abis, rasa kopi ini beneran aneh di lidah. Penampakannya sih menggiurkan, foamy-foamy gitu. Tapi pas disruput, rasa sepetlah yang paling kerasa. Aroma kopi nya bikin gue agak mual. Dan gue sama sekali gak berasa lagi minum kopi, tapi kayak minum ekstrak ketek. 

Source
Di situ tertera tulisan "Low Acid", gue pikir maksudnya adalah kafein yang terkandung gak terlalu banyak, dan aman buat yang punya asam lambung. Paling nggak, udah jelas kopi ini lebih aman di konsumsi secara sering ketimbang kopi instant lainnya.

Tapi setelah gue nyicipin ada rasa sepet-sepet ngehe tadi, ya gue jadi makin yakin sih apa maksudnya low acid itu.

Sebagian besar sih faktor lidah aja, tapi gue beneran gak bisa doyan sama kopi yang satu ini. Buat yang baru mau nyoba minum kopi, mending kopi ini ditaro di pilihan paling terakhir aja. Mending lo minum kopi item luwak asli aja. Nguras kantong? Yaiya namanya juga kopi kualitas impor, makanya pilih lainnya aja dulu.

2. Indocafe Coffeemix

Kopi ini termasuk kopi ter-famous diantara warung-warung kecil, karena harga belinya yang terjangkau. Rasa kopinya sendiri asik, enteng, cair dan agak asin.

Obat pup yang paling manjur buat pagi hari karena rasanya tajam di lambung. Overall, rasa kopi nya termasuk yang paling gampang di lidah awam. Kalo di konsumsi secara sering, agak bikin tenggorokan gatel.

Source
Yang bikin kesel, perkiraan takaran coffeemix itu harus pas. Kelebihan air dikit pasti rasanya ilang. Dan jangan sekali-kali bikin coffeemix pake es, apalagi cuman satu sachet, soalnya pasti GAK MANIS. Sementara penambahan gula hanya akan memperparah keadaan. Kayak minum air gula rasa kopi.

Agak gak ngerti aja sih, kok masih aja ada orang yang beli coffeemix racikan warung. Selain tambahan air dan gula nya yang diluar batas kewajaran, gue jamin deh, kamu cuma buang-buang duit.


3. Kopiko Brown Coffee

Pertama liat kopi ini, yang langsung kepikiran "Wah, rasanya sama nggak ya kayak permennya?"

Di bungkusnya tertera tulisan "instant coffee mix with brown sugar and creamer". Wuih, brown sugar? Maksudnya gula merah/gula jawa ya? Widiih, belom pernah ada nih. 
Source
Rasanya termasuk beda sama kopi lainnya, mungkin karena pengaruh brown sugar nya itu. Cenderung sharp di lidah, bisa dibilang ini versi kentel nya Indocafe coffeemix. Intinya, rasanya kayak kopi pake gula jawa, beda banget. Lumayan asik buat selingan kalo bosen sama kopi lainnya.


4. Tora Bika Cappucinno

Ini nih favorit gue. Rasanya cappucinno banget. Yang bikin seneng, kopinya solid dan kentel, karena emang isinya banyak. Kopi ini juga included choco granule, coklat bubuk buat ditaburin di atas kopi. Rasa bubuk coklatnya sendiri hampir mirip kayak bubuk susu milo gitu. Jadi kalo berasa kurang, beli aja milo sekalian. 

Source
Kamu barista atau jago Art-Latte? Bisa sekalian latihan lewat taburan granule nya, biar mirip cappucinno ato espresso cafe-cafe elit gitu. Meski jatohnya jadi kurang kerjaan sih.

Termasuk kopi yang paling sering jadi temen nge-game/nge-blog. Soalnya rasanya balance, (dan kayaknya) ada unsur adiksi juga. Recomended untuk temen bersantai.

5. Good Day Cappucinno

Bisa dibilang saingannya Tora Bika Cappucinno. Soalnya rasanya juga gak kalah asik dan hampir sama kentel nya, tapi granulenya lebih sedikit dari punya Tora Bika. Rasa cappucinno Good Day lebih creamy dan milky jika dibanding Tora Bika.

Source
Tapi tergantung juga. Kalo lagi pingin cappucinno yang milky, pilih Good Day, kalo pingin yang strong, ambil Tora Bika.


6. Good Day Original

Nothing special in this coffee. Rasanya biasa dan lumrah. Gak heranlah namanya original. Kayak kopi yang belom pernah diapa-apain. Tapi kopi ini cocok buat kamu yang mencintai kesederhanaan rasa.


Source

7. Good Day Coolin' Coffee

Mungkin, kopi ini memang lebih enak buat dijadiin es. Tapi karena nggak ada saran penyajiannya, diseduh panas juga sah-sah aja. Kopi ini rasanya mirip-mirip Good Day Original dimix dengan sensasi semriwing. Berasa minum kopi tapi dicampur shampoo menthol. 

Source
Gue gak terlalu suka Iced Coffee sih. Gue coba pake es pun, rasa kopi ini gak begitu mencolok. Malah lebih oke kalo di bikin panas ato anget-anget. Soalnya sensasi mint yang ada di kopi panas itu jarang banget kayaknya :)


8. Good Day Vanilla Latte

Rasa kopi ini beda. Vanillanya dapet, rasa kopinya juga balanced. Dengan harga seribu perak, kamu bisa dapet rasa kopi vanilla yang ajib. BETTER SERVED HOT!  

Source

9. Good Day Moccacinno

Satu-satu nya kopi rasa mocca yang paling disarankan. Gak ada hal lain lagi yang bisa gue omongin soal kopi ini. Pokoknya, kalo lo nyari kopi rasa moka, Good Day Moccacinno yang paling pas.

Source

10. Good Day Carrebian Nut

Kopi ini termasuk kopi favorit gue.

Rasanya unik dan gak ngebosenin, murah meriah, dan yang pasti, jarang loh bisa nemu kopi RASA KACANG di manapun :)

Source

11. Good Day Chococinno

Kopi ini pas banget diminum saat hujan. Sering dong baca cerpen atau liat film-film Eropa, dimana saat hujan, coklat panas lah yang mereka cari untuk penghangat tubuh? Nah, kopi ini bisa jadi pilihan kamu yang sering ngelamun kehujanan di tengah Eropa :)

Source
12. Esprecielo Caramel Macchiato

Kamu bisa temukan kopi murah rasa premium ini di Indomaret dengan harga sekitar 10 ribu perak. Awalnya nggak tertarik akibat stereotip "kopi mahal tuh nggak selamanya pasti enak". Lha kopi isi dua sachet gini 10 ribu, kalo dibandingin Good Day tadi pasti bikin mikir lagi.

Source
Ternyata eh ternyata, kopi ini enak banget, serius. Kalo sering pesen Hazelnut Coffee di Starbucks, nah rasanya mirip-mirip gitu. Kopinya kentel dan solid banget. Dijamin, nggak akan nyesel nambah vocab rasa kopi sachetan lewat besutan Esprecielo ini.

Ada kopi favorit kamu yang belum masuk review? Ditunggu requestnya di kolom komentar :D

18 comments:

  1. coffemix paling oke...
    mantabh...
    kalo luwak kadang suka mual dan mau muntah..
    apalagi kalo minumnya abis makan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, coba lain kali minumnya abis lebaran aja cobak. Siapa tau nggak mual dan muntah lagi :p

      Delete
  2. Setujuuuuu...
    Tora Bika Cappuccino numero uno..!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kui boso opo akuo tak mengertio apuo ituo numero uno :|

      Delete
  3. untuk kopi luwak white koffie gw setuju banget! Apalagi buat gw yang jantungnya suka betingkah, nih kopi bikin gw pol polan deg degan dan tangan langsung berkeringet

    Tapi kopi fav gw indocafe coffeemix sih. Eh lo lupa nulis soal kopi nescafe. Itu juga kafeinnya kuat banget cuy

    ReplyDelete
    Replies
    1. *Angguk-angguk*

      Oiyah! Nescafe belum dibahas. Nanti di update lebih lanjut ya kaks. Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  4. Sumpah gw demen banget sama gaya jujur review ini bro XD

    Favorit gw Kopiko Brown Coffee, yang dicampur susu dan coklat bubuk terus ampasnya dibuang setelah diendepin 3-5 menit. Emang rempes sih, tapi buat selera gw itu bikin orgasme :p

    Kalo Caribbean Nut jelasss... favorit dari jaman masih kuliah, lebih sering gw gado kalo lagi gak punya duit buat makan :p

    Chococinno gak direview? Tapi buat gw itu rasanya kayak kopi dicampur perisa jagung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih kak, chococinnonya ketinggalan tapi udah di update kok :p

      Delete
  5. gw lebih suka kopi yang dingin, favorit gw INDOCAFFE cappucino sama INDOCAFFE Caffe Latte, rasanya khas, pas di lidah . asli !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, so you've already know what flavour you are :D

      Delete
  6. Setuju nih. Ga cocok sama rasanya luwak white coffee, aneh gitu :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kayak minum luwak yang kecebur kopi :s

      Delete
  7. yang pernah gue minum paling luwak white koffie sama good day original

    yang luwak, waktu itu cuma icip doang soalnya pas minum ingetnya biji kopi yang terbuat dari eek luwak jadi enek, hahah kalau good day rasanya lupa.

    tapi favorit gue sih kopi abc susu, disini gak ada ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kopi ABC ya? Belum kepikiran buat bahas kopi series punya ABC sih, nanti diupdate ya :D

      Delete
  8. paling enak ngopi ga pakai gula tapi harus pendampingnya yaitu pisang goreng dijamin mantap hehehe

    ReplyDelete
  9. Favorit saya kopi Good Day Freeze yg rasa jeruk bro. Itu enak banget ada rasa2 seger dari jeruknya. Kopi good day yg kalo dipake air dingin bisa larut itu lohhh

    ReplyDelete