UA-44242366-1
February 6, 2013 |

"Asal-Usul Aliens"




Familiar sama sosok "monster" yang satu ini? 

Buat gue ini monster adalah salah satu konsep makhluk Extra Terrestrial/alien yang paling keren yang pernah dibuat. 

Buat kalian yang udah nonton beberapa filmnya yakni, Aliens (1979), Aliens(1986), Alien 3 (1992), Alien Ressurection(1997), AVP (2004), dan terakhir AVPR (2007) pasti udah gak terlalu asing.

Tapi kalian tau nggak asal-usul ini makhluk dari mana? Penasaran? Lanjutin baca yah.




ASAL-USUL 


Biasanya lebih dikenal dengan sebutan "The Aliens", karena emang mereka gak punya nama spesies yang lebih spesifik. Kadang di sebut juga dengan sebutan Xenomorph (Yunani- Xeno:Aneh - Morph: Bentuk). Tujuan hidup mereka bukan memangsa manusia, menghancurkan kota, apalagi menguasai dunia, mereka cuma mau mengembangkan populasi mereka sebanyak mungkin.

Alien sendiri termasuk dari jenis Endoparasitoid Species, yang berarti organisme yang membutuhkan satu inang hidup buat berkembang biak, dan seringkali memakan ato ngebunuh inangnya sekaligus, lain hal nya sama jenis-jenis parasit yang selama ini kita kenal.

Alien juga termasuk makhluk Eusocial, yang artinya mereka hidup berkoloni dan terstruktur, serta cuma punya satu ratu tunggal yang reproduktif.

Konsep Alien sendiri pertama kali dibuat oleh Dan O'Bannon & Ronald Shusset, dan dibuat ilustrasi nya oleh artist Swiss yang bernama H.R Giger. 


PENAMPAKAN 



Alien adalah Bipedal, alias bergerak, berjalan, dan berlari dengan 2 tungkai kaki belakang.

Nah, kalo lo seneng belajar biologi, pasti tau istilah Vertebrata ato makhluk ber tulang belakang, nah tapi buat alien ini ada nama yang lebih keren : Biomechanical Skeletal Species

Ciri lainnya, bentuk kepala dan tengkorak Alien lonjong kebelakang, punya "lidah hidup" bermulut yang bisa ngancurin tengkorak spesies lain, punya ekor ramping dengan ujung tajem kayak kalajengking, cuman bedanya nggak ada racunnya.

Ciri lain yang nggak kalah keren, darah alien berwarna hijau terang dan mengandung asam, istilah kerennya : Hydrosulphuric Acid. Asam dari darah Alien bersifat sangat korosif, alias menghancurkan benda apapun yang kena kontak langsung. Salah satu konsep yang mantep, yang bikin si Alien ini jadi "Unkillable" atau susah dibunuh.

Suhu panas tubuh Alien termasuk "Ambient Temperature" atau suhu kamar, alias bergantung pada suhu sekitarnya, dan tubuh mereka nggak menghasilkan panas, jadi mereka nggak bakalan terdeteksi sama infra-red.

Dari filmnya, digambarkan bahwa para Alien punya kemampuan observasi dan problem-solving skill diatas rata-rata makhluk pada jenisnya, termasuk menguasai pengoperasian mesin dari tahap dasar.



SIKLUS HIDUP


1. The Queen

Ratu tunggal nya para Alien, adalah spesies Alien betina yang paling besar diantara Alien lainnya. Xenomorph Queen ini punya nama ilmiah juga loh : Intercivus Raptus Regina.  

Dari namanya, udah jelas Alien ini lebih kuat, lebih pinter, lebih licik, punya 2 pasang tangan, satu pasang gede satu pasang kecil, punya tinggi sekitar 20 kaki, punya ekor yang lebih kuat dan gesit, dan punya semacem perisai pelindung di bagian kepala nya.

Sang ratu punya semacem Ovipositor di sebelah bawah perutnya, yang berfungsi sebagai penghasil telur para Alien. Sang ratu bisa melepaskan ovipositor nya dalam keadaan darurat, yang nantinya bisa dibikin lagi kalo keadaan udah aman.


2. Egg

Telur Alien di produksi dari ovipositor sang Ratu. Udah gitu aja sih.


3. Facehugger


Fase kedua setelah telur, dan lebih di kenal dengan nama "Facehugger", yang artinya pencaplok muka. Hahahah. Punya delapan kaki serta ekor panjang yang di desain buat melakukan lompatan jauh ke arah inang nya. 

Facehugger adalah parasitoid. Tujuan hidup doi cuma satu, yaitu mencari mulut satu inang untuk kemudian langsung memulai proses implantasi embrio Alien.

Tahapnya, ketika Facehugger udah sampe ke mulut inangnya, ke-delapan kaki nya langsung mencengkeram seluruh kepala dan muka korban, sambil ekornya membelit dan mencekik leher korban. Kemudian Facehugger memasukkan semacem sel embrio lewat tenggorokan korban sambil memasukkan supplai oksigen ke embrio. 

Mau nyoba buat ngelepas paksa si Facehugger? Mendingan jangan deh. Ekor nya akan lebih kenceng membelit leher kamu, belom lagi resiko dari darah nya yang mengandung asam sadis, kamu pasti mikir beribu-ribu kali. 

Dan, setelah proses implantasi selesai, si Facehugger akan lepas pasrah dengan sendirinya dan mati.


4. Chestburster

Cikal bakal Alien dewasa tergantung dari si Chestburster ini, karena selain berparasit di badan inangnya, doi juga mengambil DNA dan ciri-ciri spesifik korban.
 
Setelah proses implantasi selesai, sang inang akan terbangun dan gak sadar apa yang udah terjadi. Ciri-ciri orang yang udah di implantasi Facehugger adalah tenggorokan serak, mual hebat, sering ke belakang dan mengalami rasa lapar yang ekstrim, karena sari-sari makanan dalam tubuh udah di ambil alih oleh si embrio. Kalo kamu punya temen dengan ciri kayak gini, mestinya kamu udah boleh curiga deh.

Fase inkubasi berikutnya adalah si inang merasa sesak nafas, kecapekan, dan hidung berdarah, akhirnya sang embrio terus berkembang dan bertambah ukurannya, kemudian akan berontak keluar seketika langsung dari dalem dada kamu ! 

Trus kamu bakalan ngerasa lega gitu setelah doi keluar? Sayangnya nggak, kamu mati, sedangkan doi sehat walafiat.


5. Mature 

Fase terakhir, yaitu proses kedewasaan. Butuh waktu sekitar 1-24 jam buat si Chestburster jadi beneran dewasa. Dia nggak butuh bubur bayi, apalagi ASI. Siapa juga yang mau relain nenen nya buat di gigit dan di isep-isep sama bayi macem gini? #emaap

Mereka juga di bekali kemampuan menambah populasi mereka lewat injeksi embrio yang dilakukan lewat lidah nya, tapi biasanya cuma Ratu nya sih yang bisa. Yang tipe Alien biasa lebih cenderung ngancurin tengkorak kepala korbannya pake lidah mautnya, buat kemudian di konsumsi otaknya.

Jadi, cara mereka menambah populasi nggak cuman harus dari telur aja, pas gede juga tetep bisa nyusahin.



ALTERNATIVE FORM



Sebenernya ada beberapa macem bentuk lain dari Alien ini, cuman gak terlalu di publikasi gimana perbedaan antar spesiesnya.

- DOG ALIEN

Di namain kayak gitu karena Alien model ini berjenis Quadrupedal, atau berjalan dengan empat kaki, mirip-mirip anjing gitu. 

Termasuk versi Alien yang paling awal, karena agak beda dengan model Alien yang memakai manusia sebagai inangnya. Bedanya kalo yang berasal dari inang manusia, dia Bipedal, punya ciri semacem corong pipa di belakang punggungnya


Dog alien adalah tipe pengejar, tukang bikin kaget dan sosok yang thrilling kalo di film.


- PREDALIEN

Jenis Alien yang paling unik sekaligus terkenal, karena embrio jenis ini memakai PREDATOR sebagai inangnya. Debut nya pertama kali keluar di film Alien Vs.Predator dan AVP : Requiem. 

Berasal dari nama gabungan Predator dan Alien, ya jadinya Predalien. Tapi kenapa nggak jadi Alientor aja ya?



Udah jelas, jenis ini mengambil ciri yang mendasar dari inangnya, kayak rambut gimbal khas Predator, rahang yang sama kayak Predator, warna kulit yang mirip persis, serta kemampuan fisik yang jauh lebih kuat daripada varian Alien lainnya.

Predalien yang sempet keluar di film Alien vs Predator : Requiem adalah sang Ratu. Karena embrio yang masuk ke badan inang Predator sebelumnya juga berasal dari Ratu Alien.






-RHINO ALIEN


Just the another variant of Aliens :)

***



4 Reactions

saya yakin anda kuliah di ULA (Universitas Luar Angkasa) mengambil jurusan Kedokteran Alien atau Pendidikan Alien.

Ngaku ya..?
Jangan disebarin kek gitu dong, kaks!
Delete
ReplyDelete
Baru tau info sekumplit eneh.....
Terima kasih udah berkunjung kakaks :)
Delete
ReplyDelete

Post a Comment

Cancel Reply