"Meet, The Mandarin !"

4 comments


Hai.

Belom genap dua hari kita di ramein dan di bikin penasaran sama hype rilisnya Iron Man III, ya nggak sih?

Nah kenapa gue agak "maksa" bikin tulisan khusus soal The Mandarin adalah karena gue kecewa berat sama penyelewengan karakter The Mandarin yang ada di IRON MAN III.

Secara, he is the only ARCH-ENEMY of the Iron Man, kenapa cuma sekelebat gitu aja?

Dan menurut gue, kayaknya gak ada salahnya juga hanya biar sekedar tau gimana sih karakter dan wujud aslinya The Mandarin? Iya dong.

Oke, buat yang udah siap, langsung scroll ke bawah aja yah.




INTRO

The Mandarin di film, in order of the concept, adalah seorang pembalas dendam, yang trauma akibat ulah Amerika yang membantai kaumnya, sekaligus seorang "Guru Besar", orang bijak menurut penganut alirannya, dan  psikopat taktik perang tanpa belas kasihan, lengkap dengan jubah kebesaran ala oriental berwarna hijau kelam dan sepuluh cincin yang di sematkan di setiap jarinya.

Dari keseluruhan karakter The Mandarin, sebenernya bisa di bagi dalam dua posesi :

Yang pertama adalah sebagai bonekanya, diperankan oleh Ben Kingsley. Di ceritakan bahwa nama aslinya adalah Trevor Slattery, seorang pecandu narkoba yang di rekrut oleh Aldrich Killian, konseptor dan "Maniacal Laughter" dari The Mandarin sendiri, dengan balasan Aldrich akan terus memenuhi kebutuhan adiksinya akan narkoba.

Yang kedua, adalah Aldrich Killian (Guy Pearce), orang di balik layar dan otak dari The Mandarin. Yang ternyata sumber kekuatannya berasal dari manipulasi ekstrim DNA, yang memberinya kekuatan untuk menghasilkan panas dan daya tahan supertinggi dari dalam tubuh, hasil dari kerja sama nya dengan Maya Hansen, seorang botanis yang jadi sahabat akrab Tony Stark.

Nah, dari apa yang udah gue baca selama ini di komik dan kartunnya, karakter The Mandarin memang agak melenceng dari aslinya. 



The Facts.




Kalo mau bahas dari asal mula kekuatan dan apa aja yang udah di alami sama Iron Man dan The Mandarin, udah pasti bakalan panjang banget. Jadi, gue perpendek garis besarnya aja ya :)

The Mandarin lahir dari sebuah keluarga di negeri Cina, saat era sebelum revolusi komunis terjadi. Ibunya adalah seorang Aristokrat Inggris, dan Ayahnya adalah seorang saudagar kaya negeri china yang masih memiliki hubungan darah dengan Gengis Khan.

The Mandarin adalah Ilmuwan jenius dan Martial Artist, seorang "Megalomaniac" yang punya ambisi keras buat menguasai dunia, dan juga punya obsesi yang gak wajar akan kehormatan. 

Sumber kekuatannya sama sekali nggak berasal dari rekayasa genetik/DNA yang di uji coba secara ekstrim.

Melainkan dari sepuluh cincin yang melingkari setiap jarinya, sebuah teknologi alien dari sebuah ras naga raksasa kuno yang bernama Maklu Dragons, yang ia temukan di dalam reruntuhan pesawat luar angkasa,. Cincin-cincin tersebut mewakili sepuluh fungsi kekuatan tersendiri, dan cara penempatannya pun juga nggak boleh di sembarangan jari.

Karena dari cincin tersebut lah, The Mandarin dijuluki sebagai "Si Sepuluh Cincin" / The Ten Rings, dan BUKAN bos botak sang penjahat negara Gulmira yang kalian liat di Iron Man seri pertama.

Berikut gue sebutin ke-sepuluh cincin tersebut, lengkap dari nama cincin, macem kekuatannya dan deskripsi cincinnya :




RIGHT HAND :

1. REMAKER / MATTER REARRANGER (Jempol) - Cincin ini bisa membolak-balikkan suatu unsur dari yang atom terkecil hingga yang terbesar, atau mempercepat dan memperlambat gerakan suatu bentuk/efek. Kelemahannya, cincin ini nggak bisa mengubah molekul atom dan unsur dari Armor Iron Man, karena alasan molekul dan unsur Armor tersebut terlalu kompleks untuk di urai.

Ex: Mengubah uap air menjadi cairan, memperpadat gas, membuat racun dari udara, mengubah manusia menjadi serangga/batu, mengubah gunung menjadi monster, dll.


2. INFLUENCE / IMPACT BEAM (Telunjuk) - Cincin untuk memanipulasi segala bentuk energi, termasuk membentuk serangan atau perisai magnetis/ vibrasi suara/supersonik untuk menangkis/melindungi dari suatu objek. Cincin yang paling sering di pake buat banting-banting badan Iron Man :D


3. SPIN / VORTEX BEAM (Tengah) - Cincin ini bisa membuat suatu pusaran angin dalam kecepatan tinggi. Pusaran ini bisa di pake sebagai senjata penyerang, atau bisa juga buat melayangkan (levitasi) suatu objek, termasuk bisa ngangkat si pemakai ke udara. Semacem "Wingardium Leviousa"-nya Harry Pottter gitu :)


4. SPECTRAL / DISINTEGRATION BEAM (Jari Manis) - Sesuai namanya, kekuatannya adalah untuk memporak-porandakan segala jenis bentuk dan ikatan atom serta molekulnya. Cuman, cincin ini gak bisa di pake sering-sering, musti di-charge sekitar 20 menit sehabis di pake, gitu sih kata Stan Lee. :D

5. NIGHTBRINGER / BLACK LIGHT (kelingking) - Adalah cincin kegelapan dan penyerap cahaya. Dengan kata lain, cincin ini bisa membuat suatu area/tempat yang terang menjadi gelap absolut.


LEFT HAND :

1. DAIMONIC / WHITE LIGHT (Jempol)  - Cincin dengan kekuatan untuk memanipulasi segala bentuk energi elektromagnetis dan gravitasi.


2. INCANDESCENCE / FLAME BLAST (Telunjuk) - Cincin yang memiliki kekuatan buat memanipulasi suatu radiasi panas (yang pastinya bisa memicu suatu ledakan) dan infrared. Kadar kekuatannya sangat bergantung dari keadaan mental dan emosi si pemakai. Kadar atau suhu tertinggi dari panas yang di hasilkan masih belom bisa di ketahui.


3. LIGHTNING / ELECTRO BLAST (Tengah) - Cincin kedua yang bergantung dari kondisi mental dan emosi pemakainya. Bisa ditebak, kekuatan cincin ini adalah melepaskan dan mengontrol energi listrik. Kebayang dong kalo The Mandarin lagi PMS, mungkin bisa bikin geledek sekuat Mjolnir nya Thor. Untungnya dia cowok.


4. THE LIAR / MENTO-INTENSIFIER (Jari Manis) - Cincin pengendali kekuatan energi psikis. Kekuatannya adalah memperbesar dan memperkecil energi pikiran sesuai dengan kapasitas energi pemakainya, serta membuat suatu ilusi, termasuk memiliki kemampuan untuk menghipnotis seseorang dan memaksa pikiran si korban di bawah kendali si pemakai cincin.

5. ZERO /  ICE BLAST - ( Kelingking ) - Cincin untuk memancarkan energi dingin untuk membekukan lawan, termasuk mengubah suatu temperatur atau suhu menjadi nol derajat. Satu lagi, cincin ini juga gak pernah lulus alias gagal terus pas ujian.


***


Fuh. 

Gimana, oke kan infonya? 

Cincinnya Sauron di Lord of The Ring mah gak ada apa-apanya di banding cincin The Mandarin. :))

Terus, akhirnya The Mandarin gimana?

The Mandarin meninggal karena di sembur ledakan dari Ras Maklu Dragon yang di era masa depan mendatangi The Mandarin dan Iron Man, menyebabkan kedua tangannya putus dan terbelah, dengan posisi ke sepuluh cincin tetap terpakai. 

Masalahnya? Ya apalagi kalo bukan nagih balik cincin yang di pakai The Mandarin, karena emang itu kepunyaan mereka, tapi The Mandarin nolak buat balikin.

The Mandarin berakhir koma dan meninggal. Nama The Mandarin kemudian di terusin dan di bangkitin lagi oleh anaknya yang bernama TEMUJIN, lengkap dengan skenario balas dendam dan warisan sepuluh cincin ayahnya.

Cerita soal TEMUJIN juga? CAPEK!


***


Agak heran aja.

Kenapa Joss Whedon sang produser nggak memakai konsep asli dari The Mandarin.

Apa karena ribet soal pendeskripsian kekuatan cincin yang terlalu banyak? Ya secara emang ada sepuluh, tapi kan nggak harus di bahas semua juga. Seenggaknya, cincin dan jubah kebesaran The Mandarin nggak cuma di kenalin sekilas dan jadi pajangan kan?

Lagian, kalo emang nggak niat meng-all out kan karakter the Mandarin, sosok jubah dan cincin yang mirip persis sama konsep asli gak perlu di kenalin, dan gue rasa kurang perlu juga buat make aktor se-kawakan Ben Kingsley yang cuma jadi semacem "figuran".

Akhir kata, gue terpaksa ikut kata bokap, "Toh, itu cuma sekedar hiburan, ngapain di ambil pusing?"

Bener juga sik.


4 comments:

  1. Hmm, walaupun belum nonton, kata gw sih iya ribet soal penjelasan cincin itu pasti makan waktu yang lebih banyak lagi. Atau emng sngaja dibuat kluar dari komiknya biar ceritanya lebih fresh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin maksudnya emang gitu kak, tapi kan masa iya ngebuang waktu banget kalo cuma bahas 1-3 cincinnya aja? :|

      Delete
  2. Nambah komennya Feby...

    Kalau dijelasin juga, nambahin budgetnya, bos. Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentar lo dari sisi matrenya gitu ya kaks :p

      Delete