Teori-teori Gila Tentang Spongebob

23 comments

Setiap kartun yang kita tonton, paling ngga selalu ada satu/sekelompok penggemar obsesif di internet yang beromong-kosong tentang teori-teori yang bener-bener diluar pikiran, tapi memang kebanyakan cukup logis dipahami. Kayak Tom & Jerry yang sebenernya propaganda NAZI, atau soal Barney & Friends yang dituduh sebagai metafora atas skandal Watergate.

Dan gue baru aja baca sebuah sumber yang mengangkat topik mencengangkan soal teori gila yang dikaitkan sama film kartun Spongebob Squarepants.

Emang seperti apa sih teori-teori "sakit"nya? Terus scroll kebawah yah.

1. Teori #1 : Semua karakter di Spongebob adalah hasil dari uji nuklir

Kalo lo udah pernah baca postingan gue soal "Episode Adegan Squidward Bunuh Diri" yang lalu, Spongebob Squarepants emang salah satu kartun paling kontroversial sekaligus fenomenal dengan ide-ide yang hampir semuanya absurd.

Ini tentang sebuah spons yang hidup di laut, bisa ngomong dan tinggal di dalem buah nanas dasar laut, melihara satu siput halfbreed karena selintas attitudenya yang mirip kucing, plus kerja di sebuah resto fast food yang dipimpin oleh seekor kepiting.

Dari situ bisa kita simpulin, bahwa semua kartun anak-anak adalah metafora. Dan si creator dari Spongebob ini berusaha mengatakan ke kita bahwa karakter-karakter ini secara harfiah bisa jadi sebuah mutan atau sesuatu.



Teorinya:

Menurut salah satu teori aneh yang meyakinkan, acara ini emang bener tentang uji coba nuklir. SpongeBob dan temen-temennya berbentuk dan bertindak kaya gitu karena hasil eksposur dari radiasi bom atom yang dijatuhkan di daerah sekitar Bikini Bottom, yang merupakan set lokasi SpongeBob.

Dan yang lebih mencengangkan lagi: "Bikini" adalah bahasa kuno bangsa Mongolia untuk "reaksi berantai atom yang mengakibatkan ledakan besar"


Mengapa ini meyakinkan:

Faktanya, konsep dari sebuah spons yang hidup di sebuah tempat bernama Bikini Bottom itu gak serta merta asal-asalan dibikin. Acara ini di set di tempat yang nyata yang disebut Bikini Atoll, dan ini udah sempet dikonfirmasi oleh pejabat Nickelodeon di dalam satu sinopsisnya.

Dari sinilah menariknya. Ternyata pada tahun 1946, pemerintah AS pernah meledakkan beberapa bom atom di sana, dan salah satunya masuk ke dalam air. Ledakannya persis kayak di gambar dan salah satu episode Spongebob yang satu ini : Youtube :)


Lalu, tiba-tiba semua keanehan di dalam kartun ini mulai masuk akal, karakter makhluk laut normal yang terkena radiasi dari ledakan memang pasti bermutasi jadi aneh, termasuk lingkungannya pun ikut berubah. Salah satunya yaitu memungkinkan sebuah nanas tumbuh dari tanah.


Teori ini juga menjawab pertanyaan dari beberapa fans Spongebob yang selalu penasaran "Kok bisa sih Mr.Krabs jadi bapak dari seeokor ikan paus?" 

2. Teori #2 : Semua karakter Spongebob adalah pecandu narkoba



SpongeBob adalah pengguna meth amphenemines. Buktinya,  Spongebob selalu terlihat bahagia banget, enerjik dan sesekali; parnoan. Jika dia pernah berada dalam suasana hati yang buruk, itu adalah hasil dari kecelakaan besar. Perubahan emosinya drastis. Dari benar-benar senang ke benar-benar sedih atau benar-benar marah. Jarang banget di tengah-tengah.


Patrick Star adalah seorang pemadat. Doi sering banget ngetawain hal-hal bodoh dan makan terus sepanjang waktu. Ditambah lagi, Patrick itu goblok banget. Ini mungkin hasil permanen dalam sistem tubuhnya hasil dari kebanyakan ngisep ganja.


Squidward Tentacle adalah pecandu heroin. Pemurung, dan doi selalu teriak-teriak ke SpongeBob yang periang dan enerjik. Apalagi karena tentakelnya banyak, pastinya juga jadi lebih gampang kalo nyuntik.


Sandy Cheeks adalah pecandu alkohol. Doi selalu bikin kacau beberapa episode dimana dia tampil hampir selalu pas minum dan mabuk.


Mr. Krab adalah pecandu berat kokain. Perhatiin aja, dia selalu kuatir kalo soal uang, dan kokain itu mahal. Jadi, dia harus mengelola keuangan dengan hati-hati kalo ia ingin mempertahankan kebiasaannya. Krusty Krab cuma kedoknya aja buat nutupin bisnis terlarangnya.


3. Teori #3: Teman-teman Spongebob cuma khayalannya saja

You ready? 

Ini dia, cerita lain dibalik Spongebob Squarepants:

Ibu dan ayah Spongebob sebenarnya satu saudara, jadi waktu Spongebob lahir dia mempunyai beragam penyakit seperti Schizofrenia, Penyakit Bipolar dan Keterbelakangan Mental. Penyakit Bipolar membuatnya sering gonta ganti mood secara drastis. Semua anak di sekolahnya tahu tentang penyakitnya itu dan mengejeknya karena penyakitnya. Dia juga gak pernah mempunyai teman, yang membuat dia akhirnya depresi. 



Suatu malam, pas lagi ngerjain PR, tiba-tiba amarahnya meledak, menyebabkan dia membunuh kakaknya sendiri. Dia pun pernah diadili di pengadilan, tapi akhirnya dia dimasukin ke rumah sakit jiwa karena penyakit mentalnya. Saat dia disana, penyakit Schizofrenia-nya mulai menguasai kehidupannya. 

Dalam pikirannya, dia membuat sebuah kota fiksi bernama Bikini Bottom dan membuat semua orang yang berada di dalamnya. Dibawah ini adalah beberapa karakter yang dibuat oleh Spongebob dan melambangkan apa di hidupnya :

Patrick Star - dibuat karena kerinduannya akan seorang teman sejati. Dia juga dibuat karena dia selalu menginginkan teman yang lebih bodoh daripadanya karena penyakit keterbelakangannya.

Squidward Tentacles - dibuat untuk melambangkan para tukang bully yang selalu mengolok-oloknya. 'cinta' yang dimiliki Spongebob ke Squidward melambangkan saat-saat dia berusaha untuk menjadi dekat dengan orang-orang yang nge-bullynya, walaupun pada akhirnya dia selalu dibentak karenanya.

Mr. Krabs - dibuat untuk melambangkan saat-saat tukang bully berpura-pura menjadi temannya dan memanfaatkan dia dari kebodohannya itu.

Gary - melambangkan orang tuanya, yang terpaksa mau gak mau harus hidup dengannya.

Sandy - dibuat untuk melambangkan cintanya kepada gadis terpopuler di sekolah dan mimpinya bahwa gadis terpopuler itu akan balik mencintainya.

Plankton - dibuat untuk melambangkan kakaknya, yang selalu mengolok-olok kebodohan Spongebob yang pada akhirnya menuntunnya menuju kematiannya sendiri.



4. Teori #4: Setiap Karakter Utama Mencerminkan Salah Satu Dari Tujuh Dosa Mematikan (7 Deadly Sins)


   

1. Sloth/Kemalasan (Patrick)


Kemalasan adalah suatu hal yang dianggap dosa, termasuk kemalasan dalam bertindak. Jelas ini adalah sifat Patrick. Dia tinggal di bawah batu sepanjang waktu dan gak pernah ngelakuin apa-apa. Bahkan dalam episode "Big Pink Loser", dia mendapatkan penghargaan "Untuk tidak melakukan apa-apa dalam waktu yang paling lama."


2. Wrath/Amarah (Squidward)


Amarah melibatkan perasaan kebencian dan kemarahan. Squidward membenci hidupnya dan juga membenci Sponge Bob, dan sebagian besar waktunya dihabiskan untuk marah-marah.


3. Greed/Keserakahan (Mr. Krabs)


Jelas Mr. Krabs adalah tokoh serakah. Uang adalah segalanya buat doi.



4. Envy/Iri hati (Plankton)

 
Seperti yang udah kita tahu, Plankton selalu iri kepada Mr. Krabs karena The Krusty Krab sukses, sedangkan The Chum Bucket adalah sebuah kegagalan. Iri hati memotivasi Plankton buat nyoba nyuri formula rahasia Krabby Patty.



5. Gluttony/Kerakusan (Gary)


Udah jelas, Gary itu siput rakus, dan makannya banyak. Bahkan di satu episode, pernah Spongebob lupangasih makan Gary, dan Gary seketika minggat.

 

6. Pride/Kebanggaan (Sandy)


Sandy selalu bangga terhadap siapa dirinya dan darimana asalnya. Doi bangga pada kenyataan bahwa doi dari Texas dan seneng kalau semua orang tahu tentang itu. Doi juga bangga pada kenyataan bahwa doi adalah mamalia dan makhluk darat, seperti dalam episode "Pressure", dimana dia nyoba buat ngebuktiin bahwa makhluk darat lebih baik daripada makhluk laut.  
7. Lust/Nafsu (Sponge Bob)


Definisi nafsu adalah :"kasih sayang berlebihan terhadap orang lain". Ini jelas ditujukan ke Sponge Bob. Dia menunjukkan cintanya ke orang lain dengan semangat untuk berbuat baik dan membantu orang serta selalu nafsu pada setiap pekerjaannya.


Akhir kata, walaupun pada faktanya, si pencipta Spongebob sendiri emang seorang ahli biologist kelautan, mungkin buat beberapa orang masih susah buat percaya dan paham soal teori ini.

Tapi, sebuah pembahasan gak pernah jadi salah kan? :)

Wise source:
2. Kaskus

23 comments:

  1. saya tidak melihat karakter mrs.pumps?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang gak terlalu ke-ekspose kalo soal Mrs.Puffnya kak :|

      Delete
  2. Kepikiran hal teknis sih. Kalo emang bener dari nuklir atau bom atom, itu pastinya ada berita yang meliput ledakannya. Secara efek dr nuklir nggak bisa diukur dari satu daerah doang. Sekecil apapun bom atomnya, kan pasti punya efek ke daerah selain bikini bottomnya itu :O

    ReplyDelete
  3. kunjungan perdana! :D

    baca dari awal sampe akhir, entah musti percaya atau gak..hahahah.. ahh yang penting spongebob bisa jadi salah satu tontonan menghibur. ambil positifnya dari latar belakang yang sebenarnya absurd ini..hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kakaks! *sambut pake red carpet*

      Iya bener kak, kalo gak diambil positifnya, kita gak bisa berkembang biak karena gak hamil-hamil. #eh

      Delete
  4. Hi om banbanpret, komen perdana ini. Hahaha......
    Oke gue bukan penonton setia spongebob dan ga suka sih tepatnya sama itu kartun. Aneh, buat gue yah. Tapi walaupun cuma sesekali nonton, analisis tulisan ini buat gue masuk akal dan berasa baca analisisnya dr. Spencer Reid dari Criminal Mind. Macemnya profiler aja dirimu om :D. Emang karakter di spongebob dibuat konsisten banget layaknya gejala-gejala pecandu dan 7 deadly sins ya? Baru engeh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Profiler teh apa? :|

      Bukan konsisten berdasarkan 7 deadly sins dan pecandu, 3 poin yang dibahas cuma berdasarkan keterkaitannya aja kalo ditarik benang merah secara "asal" :)

      Delete
  5. Seru deh.. Walau cerita pertama itu agak terkesan 'memaksa' yaa. Tapi kan namanya cerita di balik layar :D

    Gue pribadi sih lebih ke arah 'ini kartun bisa menghibur atau nggak?' sih sebenernya. Jadi ya ambil positifnya aja :D

    Btw kak! Kalau ada cerita dibalik Tom and Jerry mau dong dishare :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tom and Jerry? Nanti dicari dulu ya resources nya :D

      Delete
  6. Gue hampir tiap pagi senggang pasti nonton spongebob. Yang sering gue pertanyakan adalah nanas yang tumbuh dibawah air, krab yang punya anak paus, sama, yang terahir sih perbandingan ukuran plankton sama karakter yang lain. Tapi gak pernah nyari jawabannya, soalnya gue pikir ini cuma hiburan aja, ngapain terlalu dipikir keras. Tapi bener-bener terlalur waktu baca post ini. Nice.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Everyting always has the reason :)

      Delete
    2. Bener-bener. Everyting always has the reason. Thanks bro udah buka pikiran gue :)
      Gue jadikan bahan tulisan gue ya :)

      Sekali lagi thanks loh

      Delete
    3. Sama-sama kaks, boleh tapi dicantumi sumbernya yah :)

      Delete
  7. ada-ada aja nih,, tapi bagus gan,,

    koment back yaa www.ankurniawan.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. gue malah baru tau dan baru sadar sekarang :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang jadi lebih "melek" dong ya? :D

      Delete
  9. namanya juga lelucon amerika, emang begitu adanya dan di mata orang indonesia lelucon orang sana tuh aneh-aneh... sedikit loh yang ngerti jalan cerita spongebob, bahkan orang tua gua aja mempertanyakan gua yang ketawa-ketawa pas nonton spongebob, kalau nontonya sambil berfikir cepat ya pasti paham apa yang di leluconin oleh si spongbob itu. Jadi, nonton sambil berfikir itu diperlukan jangan asal nonton, kalau.masih belom bisa nangkep jalan ceritanya, ya tanya sama orang tua yang ngedampingin...(buat bicah yang masih SD) Jujur, ade gua suka nonton spongebob dari kelas satu sampai sekarang ini kelas 6 SD, sebelumnya gua dampingin ade gua nonton spongebob dan gua jelasin... lama-lama dia ngerti kok, bahkan leluconnya dia udah bisa nangkep.

    Terlepas dari pejabaran di atas tentang cerita "yang sebenarnya" maaf, gua nanggepinnya suatu hal yang biasa. Termasuk cerita-cerita yang di keluarkan nickelodeon, seperti rugrats dan hey arnold yang di buat cerita misterinya, nggak beda jauh sama cerita yang ada di atas.

    Kalau kita bisa mengkeritik karya negara lain, bagaimana dengan cerita-cerita dongeng indonesia. Yang nggak beda jauh dengan cerita keserakahan.. dan bahkan ke egoisan... search di google cerita rakyat indonesia... nggak beda jauh kok dengan apa yang cerita di atas.

    ReplyDelete
  10. Intinya spongebob itu kartun kesukaan ku waktu kecil

    ReplyDelete
  11. Intinya spongebob itu kartun kesukaan ku waktu kecil

    ReplyDelete