Rahasia Kece Milih Gitar Untuk Pemula

117 comments
Source
Saking seringnya mondar-mandir ke toko buku, salah satu konter yang selalu menarik perhatian gue tak lain dan tak bukan adalah konter musiknya.

Bukan karena instrumen yang dipajang kece-kece mengkilap, tapi soal pemandangan siswa-siswi SMP/SMA yang kerap kelihatan bingung pas milih gitar akustik buat tugas keseniannya.

Kadang cuma bisa terkikik geli karena orangtua yang mereka ajak pun sama-sama nggak ngertinya. Akhirnya, gitar "tanpa kepribadian" pun diboyong secara ngasal ke rumah.

Lewat postingan ini, gue mau share serunya menelusuri seluk-beluk memilih gitar akustik yang wajib diperhatikan.

Sayang lho, momen beli gitar pertama kali harusnya jadi sesuatu yang berkesan, kali aja gitarnya bisa awet sampai dua atau lima tahun ke depan, ya nggak?

Mau beli di mana?

Tempat pembelian adalah hal pertama yang penting dipertimbangkan pertama kali. Terus juga, mau diapain gitarnya? Buat belajar? Buat manggung? Buat ngulik? Atau mau pamer depan gebetan? :)

1. Konter musik yang nebeng di toko buku

Beberapa konter musik terkenal yang sering nebeng di toko buku/Mall kayak Yamaha dan M&G (Merk Cort dan Legacy) sesungguhnya memang diperuntukkan untuk pemula dan pelajar. Karena gitar-gitar buatan pabrik yang mejeng disana adalah gitar standard tanpa spesifikasi khusus.

MG Music
Meski kualitasnya standard, bentuk fisik gitar di sana belum tentu cocok buat kamu. Karenanya, ajak teman atau kerabat yang ngerti gitar supaya gitar yang kamu beli tetap sesuai dan nyaman.

2. Pasar/Toko Musik pinggir jalan

Gitar-gitar buatan lokal yang ada di tempat kayak gini sebagian besar hand-made (bukan pabrik) dan kualitasnya random.

Source
Meski biasanya dijual dengan harga super-miring, jangan tertipu dengan merk-merk klonengan, karena dijamin semuanya masih buatan tangan lokal dan logo merknya diimitasi. Tapi, jika kamu termasuk yang jeli memilih gitar, kemungkinan ngedapetin gitar keren dengan harga murah juga terbuka lebar di sini.

Tempat ini cocok buat kamu yang terobsesi menjadi pengamen atau untuk sekedar genjrang-genjreng di rumah.

3. Toko musik beneran

Tempat-tempat seperti Nuansa Musik, Chic's Music dan Melodia Musik biasanya jadi pilihan hunting para musisi dan gitaris yang beranjak ke level profesional, karena instrumen yang ada di sini terjamin mutu dan kualitasnya. Tapi banyak juga kok pemula-pemula yang beranjak jadi mahir sering main ke tempat ini.

Source
Beberapa keuntungannya, yaitu harga dan kualitas sebanding. Kamu akan banyak nemuin gitar branded kayak Ibanez, Fender, Gibson, Schecter, GnL, dan gitar original lainnya.

Tempat ini biasanya majang gitar-gitar terkenal yang sering dicari. Jadi kalau di sana nggak ada barang yang kamu mau, tinggal order aja, tapi hanya lakukan jika kamu udah riset "jeroan" gitarnya sebelum pesan, karena si barang nggak bisa dicobain terlebih dahulu. Nggak usah kaget liat harganya, karena memang segitu kok :)

4. Toko gitar Boutique

Kalau kamu pernah masuk satu toko terus tetiba udaranya sepi senyap, bisa jadi kamu 'nyasar' ke salah satu toko gitar butik. Di sini adalah tempatnya gitar-gitar kelas kolektor karena harganya yang maruk kantong. Jadi, semua alat yang dijual di sini biasanya berakhir buat jadi pajangan ruang tamu, karena sayang banget kalo mau dipake buat pemakaian sehari-hari. Muahaaal!
 
Source

Harga sih boleh selangit (kisaran 15-100 juta), tapi yang dateng biasanya justru bukan musisi karena hasratnya cuma sebatas koleksi alat musik. Nggak heran tempat ini biasanya sepi pengunjung.

5. TokoBagus/OLX

Dulu, TokoBagus jadi situs favorit para pemburu gitar second-hand tapi kualitas bersaing. Tapi semenjak para penjual gitar lokal daerah Benhil Jakarta pindah ke sini, orang jadi jemu buat scroll-scroll situs ini karena hampir sepuluh halaman dipenuhi sama jualannya pedagang tersebut, kita jadi nggak bisa milah-milih variasi gitar lainnya deh.

Source
Note: Tips mengenali jualan mereka: Ber-alamat di Jakarta Pusat, fotonya hampir seragam (difoto diatas kardus cokelat), dan harganya juga seragam (kisaran 1.2-1.8 jutaan aja). Dulu gue pernah beli salah satu gitar di sana. Yang mau ngobrolin soal pengalaman di sana, mention ke twitter gue ya :)


Gitar nyaman adalah harga mati

Masalah krusial yang kerap dialami pemula saat beli gitar pertama kali adalah, kalau nggak body gitarnya yang kegedean, ya fret gitarnya yang kegedean. Kalau soal sound sih, rasanya agak jarang dikeluhkan karena emang orientasi dasarnya cuma buat belajar.

Untuk itu, kamu perlu mengenali beberapa jenis gitar akustik yang beredar di pasaran:

Gitar Classic

Beberapa ciri dasar yang dimiliki gitar jenis ini adalah:

1. Bentuk body membulat simetris dan berukuran besar. Agak menyulitkan sebagian besar pelajar karena tumpuan lengan kanan jadi agak tinggi. Posisi tersebut bikin cepet pegel dan seringkali bikin nggak nyaman. Jadi udah jelas, gitar ini nggak cocok dipangku di paha sebelah kanan.

Posisi memegang gitar classic yang sebenarnya
2. Lengkungan neck/leher gitar dan lebar fret yang besar dari gitar lainnya. Membuat penekanan senar pada fret sedikit sulit dan membutuhkan ekstra tenaga dalam gripping (menggenggam) neck. Kelebihannya, sekali bener nekennya, notnya jernih :)


3. Dua tipe senar yang sering dipakai di gitar akustik ada dua: Nylon dan Strings. Sementara buat jenis classic, pastinya sering pakai nylon. Perbedaan dasar dari kedua senar tersebut adalah suara yang dihasilkan dan feel yang dirasakan saat menekan senar.

[Tentang jenis senar]:

Nylon cocok buat pemula karena tekstur senarnya lembek dan less-harmful, tapi karena nylon sebagian besar ada di jenis classic yang notabene ukuran gitarnya terlalu gede, malah jarang jadi pilihan.

Kelemahannya, gitar bersenar nylon nggak bisa disetel dengan tuning standard (EADGBE) karena daya tarik/rentangnya nggak se-elastis strings, solusinya cuma bisa diakali pakai penjepit fret/capo 
 
Source
Jadi gitar-gitar nylon yang ada sekarang emang tuning-nya lebih rendah dari tuning standard seperti yang ada di gitar elektrik. Kalo maksa, mungkin bisa sih sukses, tapi action-nya (jarak antara senar dan fretboard) jadi keras dan sakit saat ditekan, kemungkinan lain either senarnya putus, atau neck gitarnya yang bengkok.

Sebaliknya dengan strings, strings gampang banget ditemui di banyak gitar, dikarenakan oleh harganya yang murah. Karena steel-strings terbuat dari baja/tembaga yang teksturnya terasa "tajam" buat jari, membutuhkan pembiasaan sekitar tiga hari hingga seminggu. Konon sih, jari harus "kapalan" dulu biar tajemnya nggak berasa :)

Gitar folk/steel-strings 

Alasan kenapa disebut gitar folk adalah, karena gitar ini sering dipakai buat genre musik folk. Kalau kamu tanya si penjual, biasanya sih mereka bingung gitar folk itu apaan. Jadi kamu hanya bisa dapet gitar ini dengan mengenali cirinya.

1. Bentuk body gitar lebih kecil dari jenis classic dan lebih bervariasi, yang jelas sih nggak bulet simetris.

2. Sebagian besar memakai senar tipe steel-strings, jadi gitar ini bisa di setel dengan tuning standard.

Source
Udah tahu belum, secara wujud fisiknya senar terbagi dua, yaitu senar wounded (dibalut) dan non-wounded. Senar 4, 5, 6 itu wounded, dibalut karena berfungsi sebagai "bass", suara yang dihasilkan pun lebih rendah dan tebal. Sementara 1,2,3 non wounded karena sering dipakai buat lead/melody. Suara yang dihasilkan lebih bright dan melengking.

Set package isi enam senar biasanya ada dua formasi, tergantung panjang neck dan ukuran gitarnya. Contohnya: 4 wounded & 2 non wounded, atau umumnya 3 wounded, 3 non wounded. Dua ragam package ini lumrah ditemui di jenis classic maupun folk. Hal ini penting biar kamu nggak salah pasang dan salah beli paket senar.

3. Lengkungan neck dan lebar fret (kotak-kotak yang ada di board) biasanya lebih kecil daripada classic, cocok untuk rentang jari pelajar yang mostly belum bisa menjangkau lebih dari dua fret.

4. Adanya fitur cut-away (lekukan/bagian yang terpotong di bawah body gitar) yang sering ditemui pada gitar folk. Fungsinya adalah memberikan kenyamanan dalam mengakses fret paling bawah/pitch tertinggi di gitar, yang mana fitur ini biasanya cuma ada di gitar elektrik.

[Pret's-pektif]

Secara keseluruhan, gitar yang paling nyaman dari kedua jenis tersebut pastinya gitar folk. Karena selain jenis dan harganya variatif banget, ukurannya juga sesuai dengan postur tubuh/jari pelajar SMP/SMA.

Tapi buat pelajar yang antusias banget sama gaya akustikan musisi dunia sekelas Tohpati, Balawan, dan Eross Chandra, gitar classic tetep jadi pilihan sebagai tantangan pembelajaran mereka :)

117 comments:

  1. wah, mantap deh. gue pun berpikir untuk belajar gitar akhir2 ini,
    bisa jadi pertimbangan juga sih. tapi sepertinya kalau toko, gue bakal beli di yamaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Share ceritanya di sini ya kalo dah jadi beli dan belajar :)

      Delete
  2. Pengen belajar main gitar, tapi jari tangan ku pendek :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa jenis gitar folk ada yang ukurannya disesuaikan buat jari cewek kok, jangan berkecil hati :)

      Delete
  3. Bang tipps dan cara bikin blog html keren dong bangg #saranyo

    ReplyDelete
    Replies
    1. HTML keren itu maksudnya yang kayak gimana? :))

      Delete
  4. Gramedia Pontianak yang berlokasi di Ahmad Yani Mega Mall itu juga ada Konter MUSIK (jual alat alat musik juga). Untuk urusan GITAR saya biasa menggunakan GITAR YAMAHA. Walau nda beli alias pake punya tetangga. Heihiehiee Saya suka banged sama Gitar YAMAHA sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Great! Pake yang seri apa nih Yamaha-nya?

      Delete
  5. Pas lg pgn2nya belajar gitar..eeeee tau tau udah disumbangin sm bokap *tepuk jidat nyamuk

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Tergantung tempatnya, kak.

      Kalau toko musik (kayak gramedia atau M&G) bisa 700 ribu- 2 jutaan

      Kalau di emperan sekitar 250-700 ribuan...

      Delete
  7. Pas iseng2 maen ke gramedia gw liat guitar merk legacy pas dicoba2 ternyata mantap juga suaranya yaaa..udah jadi dibeli. Padahal guitar gw gibson masih ada jaman gw smp ..suaranya msh nyaring..bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaa syukur kak kalau ternyata memang cocok :'D

      Delete
  8. Gan ane mau ty...ane pemula bgt...chord j g apal..tp pgen beli gitar listrik...gmn pndpt agan...?bs g pemula ky ane bljr gitar tp gitar listrik...?Mohon pencerahanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Why not? Here's the deal:

      1. Gitar kopong
      - Gampang dicari, diurusin, ditaruh/disimpen dan dirawat, harga lebih terjangkau
      - action (tinggi senar) fret akustik biasanya nggak seempuk gitar listrik, karena gitar kopong nggak banyak manuver ekstrim secara teknis dalam konteks general

      2. Gitar listrik

      - harus siap ngerawat karena lebih ringkih
      - harga nggak semurah gitar kopong (walaupun ada gitar kopong yang harganya selangit)

      - harus berurusan dengan jenis tone/sumber suara (pickup). Suara gitar listrik hanya bisa keluar dari pickup, sementara gitar kopong dari soundhole/lubang suara (resonansi senar)

      choose wisely.

      Delete
  9. Body gitar yg bagus kya gimana sii kecil ,standar / jumbo
    ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bagus? Hmmm.... body yang bagus diliat atau yang nyaman dipangku nih?

      Delete
  10. Kalo saya sukanya bikin custom hand made sama lutheir di solo gan,,, all wood lah materialnya,,, top body spruce, side dan back body magohany, neck dan head rock mapple, bridge rosewood, fretboard rosewood, nut, saddle, dan pin buat nahan senar di bridge pakai tusq (gading gajah) bela2in order di ebay,,, dll

    hasilnya ya gk sebagus pabrikan branded gan, namanya juga handmade, tapi soal suara,, waah,,, berani diadu,,,

    string pakai 0.12, merk bisa legacy yg murah meriah tapi bagus, bisa d'addario, bisa ernie ball, galli, elixir, dll,,, phosphor bronze

    oh ya bro,,, ane mau nambahin,,, beli senar tau diri aja, liat gitarnya,, kalo body nya pakai triplex, neck kayu gk jelas, gk pake trusrod, jangan pakai senar branded,, pakai senar murahan aja KW lokal macam pyramid kw, yamaha kw yg gauge nya 0,8 itu,,, kalo kepedean pakai gauge besar 0.9 ke atas, dijamin neck bengkok, bridge jebol. tapi gitar kw berbody triplex ini bagus buat belajar, masa bodo lah soal tone suara nya, yg penting hafal chord, soalnya strings nya kecil 0.8, string merk abal-abal 5rb satuan,,, material wound nya gk jelas,,

    Dan kalo belinya gitar akustik ya perlakukan seperti akustik, maksudnya genre musik yg dimainkan,,, belajarlah fingerstyle atau akustikan lainnya, jangan sok-sokan diperlakukan kayak gitar listrik, karena action gitar akustik itu tinggi bro, udah dari sononya,,, kalo genre musik yg mau dimainkan adalah rock atau metal, ya pakai gitar electric,,,

    Jadi, pilihlah gitar sesuai genre musik yg mau dipelajari,, jadi bukan soal belajar/pemula,,

    Dan ketika belajar, sahakan langsung belajar memainkan lagu, jangan kebanyakan belajar teori mulu, hafalin banyak chord, tapi gk bisa show/tampil ngiringin temen nyanyi atau nyanyi bersolo gitar,,, nanti jadinya bisa banyak teknik gitar, tapi gk bisa bawain lagu, kan miss point,, jadinya nanti lebih suka main gitar secara improvisasi daripada bawain lagu. Belajarlah membawakan lagu dengan gitar, bukannya belajar gitar,,,

    Satu lagi, rajin-rajin senam jari,,,

    ReplyDelete
  11. Dulu saya pernah kursus gitar dan beli gitar di tempat yang sama. ternyata pemiliknya itu yang ngebuat gitar. gitar yang saya beli pas banget dan sudah dicoba oleh banyak orang bayak orang menyukainya. Mungkin itu merupakan gitar terbaik yang pernah saya rasakan. Tapi, sayangnya tempatnya udah pindah entah kemana. mau nyari udah susah. Gitar yang sebelumnya jatuh dari tangga dan rusak :(. Kira-kira gitar custom yg bagus dimana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah custom sih, sorry ya belum bisa membantu :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  12. Mau belajar maen gitar tpi jarinya kaku gimana nih gan solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari keyword "Senam pemanasan jari gitar" di Youtube atau Google ya :)

      Delete
  13. buat yang suka main gitar..

    @jangan pesimis dengan ukuran jarimu...
    @ingat!!!! latihlah selalu feelingmu...sayang kalau teknik bagus tapi feeling ancur...kamu ga akan pernah punya karyamu sendiri...

    ReplyDelete
  14. Bang.. kualitas gitar di gramedia itu bagus ngga? Ori atau kw?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitar di gramedia relatively masih standar buat pelajar/pemula kok :D

      Delete
  15. Gan... mau tanya,kalo gitar legacy elektrik bagus atau tidak ya..... soalnya lagi cari cari nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brand legacy kalo diliat dari sisi budget, memang affordable. Tapi dari sisi kualitas/playability, masih dibawah standard, mendingan ambil CORT sekalian :D

      Delete
  16. Keren. Jd harus mikir dua kali kalo beli gitar. Rencana beli yg classic tp bingung mo pilih senar nya.. -.-.nylon? Enak buat mainnya, cmn tuningnya ga begitu.. String? :) saya masih sayang jari kiri saya maah :D

    ReplyDelete
  17. Keren. Jd harus mikir dua kali kalo beli gitar. Rencana beli yg classic tp bingung mo pilih senar nya.. -.-.nylon? Enak buat mainnya, cmn tuningnya ga begitu.. String? :) saya masih sayang jari kiri saya maah :D

    ReplyDelete
  18. gitar yg dijual di gramedia ori / kw ya gan ? dan kisaran harga merk Cort sekitar berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kisaran harganya sekitar 2 - 3.5 jutaan. Kalo masalah KW/ORI gak tau ya, yang pasti sih made by factory semua :D

      Delete
  19. gitar yg dijual di gramedia ori / kw ya gan ? dan kisaran harga merk Cort sekitar berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kisaran harganya sekitar 2 - 3.5 jutaan. Kalo masalah KW/ORI gak tau ya, yang pasti sih made by factory semua :D

      Delete
  20. Ane baru mau belajar ni gan, saran dong beli gitar jenis apa?? Tolong bales ke email ya gan.. mazinave@yahoo.co.id (mksh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli gitar yang di jari nyaman dan sesuai budget aja :)

      Delete
  21. Ane baru mau belajar ni gan, saran dong beli gitar jenis apa?? Tolong bales ke email ya gan.. mazinave@yahoo.co.id (mksh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli gitar yang di jari nyaman dan sesuai budget aja :) (2)

      Delete
  22. Toko alat musik yg recomded d jakarta khususnya jak sel d mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak bro, ada Tiga negeri, Hari-hari-musik, Nuansa Musik, M&G, dll. Coba googling biar dapet referensi yang lebih lengkap.

      Delete
  23. Toko alat musik yg recomded d jakarta khususnya jak sel d mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak bro, ada Tiga negeri, Hari-hari-musik, Nuansa Musik, M&G, dll. Coba googling biar dapet referensi yang lebih lengkap. (2)

      Delete
  24. Toko alat musik yg recomended d jakarta khususnya jak sel d mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak bro, ada Tiga negeri, Hari-hari-musik, Nuansa Musik, M&G, dll. Coba googling biar dapet referensi yang lebih lengkap.(3)

      Delete
  25. Gan mau tanya..... gitar epiphone les Paul custom bagus gak gan...

    ReplyDelete
  26. jadi kalo beli gitar klasik yg senarnya nilon harus pake capo buat ninggiin nada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, karena nilon kurang lentur buat disetel standard tuning, solusinya pake capo biar gak bengkok necknya :D

      Delete
  27. Aku pengen beli gitar untuk belajar. Mending beli yg gitar murah dipinggir jalan atau sekalian yamaha yg sekitar 700 800an ya? Baru bisa nada2 dasar aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung budget aja. Kalo harus beli gitar jalanan seharga 700-800 mendingan ke toko musik sekalian.

      Kalo ada budget lebih, cari gitar jalanan mungkin yang harganya sekitar 300-450an aja, lalu beli gitar bagus seharga 700-1 juta biar tau bedanya :)

      Delete
  28. Kak kalo buat gitar akustik steel string tipe2 F, menurut kakak lebih bagus legacy atau yamaha? Mau beli legacy tapi bingung kak takut nyesel setelah beli..

    ReplyDelete
  29. Bang klo senar putus mending diganti semua ya? Atau yg putus aja? senarnya string

    ReplyDelete
  30. Gan bagusan gibson apa yamaha budget 3 jtan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gibson ori gak ada yang 3 jutaan sob, jadi mending Yamaha aja :)

      Delete
  31. Gan bagusan gibson apa yamaha budget 3juta pas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gibson ori gak ada yang 3 jutaan sob, jadi mending Yamaha aja :)

      Delete

  32. yaampun kok baru baca ini ya, padahal udah lama postnya :( aku mau cerita boleh yaa

    dulu pernah beli gitar akustik abal-abal deket lampu merah harganya 200rebuan, setelah udah lama ngerasa gaenak, kayanya actionnya ketinggian gitu jadi pas mencet senar jarinya lama-lama sakit. lalu beli lagi gitar abal-abal, nah yang ini udah enak nih mencet senarnya, eh abis itu pas ganti senar necknya ga kuat di-tune standar, aku paksain aja kan, lalu necknya malah patah HAHAHAH kapok dah ngga lagi-lagi beli gitar abal-abal, udah mah paling bener beli gitar ori :(

    terus sekarang lagi cari gitar budget 3juta buat belajar aja. udah dari taun lalu sih nyarinya, tapi belom kebeli gegara bingung takut salah pilih hhhh. kalo gitar akustik yang worth it di harga segitu apa ya? eh sebenernya mah pengen nyobain akustik-elektrik, tapi kalo gitu musti beli ampli juga ya?

    terus aku juga baru tau soal senar nilon itu dia emang gabisa di-tune standar ya? pantesan aja itu gitar klasik tiap aku tune standar kok dia sering turun, apalagi kalo baru abis ganti senar, jadinya yaudah tiap main aku tune standar mulu aja. jangan2 sekarang necknya udah bengkok lagi aduh

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bener tuh, gitar model klasik gak bisa di-tune standard karena daya rentang nilon gak seelastis senar tipe strings. Jadi variabelnya bukan dari tipe gitarnya, tapi dari tipe senarnya. Karena kalo mau coba nekat:

      Gitar klasik pake senar strings: Karena diameter senar normal tipe nilon lebih tebel daripada senar normal tipe strings, jeda antara senar pastinya jadi lebar karena senar tipe strings lebih kecil, dikarenakan fret di gitar klasik lebih besar/lebar. Gitar klasik emang direkomendasikan buat penyuka fingerstyle, bukan buat genjreng-genjreng.


      2. Gitar paling aman, bagus, untuk kelas standard ya pastinya Yamaha tipe APX kalo menurut gue, dan sesuai buat budget 3 jutaan.

      3. Masalah kegalauan akustik-elektrik atau nggak, perbedaannya cuma di masalah keluaran/output aja. You go with akustik, pastinya akan kesulitan main di ruang terbuka karena mau-gak-mau harus main agak kenceng biar tetep kedengeran sampe belakang, solusinya just stick with indoor performing. Di sinilah kelebihan akustik-elektrik, bisa diamplifikasi outputnya terlepas dari perform indoor/outdoor.

      Semoga terbantu ya.

      Delete
  33. Ka mau nanya saya kan pemula, itu juga belajar gitarnya punya temen... Saya niatnya mau beli gitar nih ka, tpi menurut Kaka untuk pemula mendingan gitar murah atau gitar tingkat menengah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu relatif dan tergantung selera aja, kan semuanya harus ngalamin dulu baru bisa milih :)

      Delete
  34. mas mau tanya kalo gitar nylon classic mau aku ganti senar dengan senar string bisa egk ya soalnya dulu sebelum punya gitar sering main pake gitar accoustic string bukan nylon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tipe klasik yang tadinya emang pake nylon, diganti string bisa-bisa aja, tapi jadinya kurang nyaman kalo disetel standard tuning. Kalo disetel seperti tuning pas pake nylon, jadinya kayak karet kolor. Pokoknya pasti ada aja yang ngganjel, coba aja bedain rasanya.

      Delete
  35. Gan, gue udah punya gitar buatan lokal buat belajar. Skrg pengen beli gitar akustik lagi karena ngincer suara yg bagus, jernih, dan garing. Gue bingung antara yamaha, cort, atau legacy. Gue udah coba di bbrp toko, menurut gue suaranya bagus2 semua. Kira2 menurut agan yg mana? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada rencana nyoba-nyoba dan gak keberatan beli lagi : Ambil Legacy.

      Kalo niatan gak nyoba-nyoba tapi di kemudian hari mau beli gitar lagi buat perbandingan: Ambil Cort

      Kalo mau sekalian pro dan bagus: Ambil Yamaha :)

      Delete
  36. Sip. Thanks buat masukannya gan. :)

    ReplyDelete
  37. Wahh .. sangat informative, dan menarik. Terima kasih 😊 . Sepertinya sblm membeli gitar, saya harus paling tidak coba dulu. *beginner*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener itu, beli gitar langsung dapet nyaman biasanya emang hoki selangit. Tapi gimana caranya bedain itu enak apa nggak? Nah, paling nggak harus nyobain sekali beli dulu kan :D

      Delete
  38. Gan kalau gitar clasic yg senarnya nylon, kunci gitar nya berbeda dari yg biasa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama instrumentnya gak ganti, ya sama aja lah. Numpang ketawa dulu ya.

      Delete
  39. Gan kalau gitar clasic yg senarnya nylon, kunci gitar nya berbeda dari yg biasa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama instrumentnya gak ganti, ya sama aja lah. Numpang ketawa dulu ya.

      Delete
  40. Kalo gitar folk bisa pakai senar nylon ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kalo mau maksain, tapi gak jamin enak ya :D

      Delete
  41. Bang afgan aku nih baru pemula tapi hapal n lancar mayoor nah gitar cocok untuk aku belajar balok apa ya kak?????
    Trus aku Beli legacy kemaren 1,2jt bagus gak Plese Respect line:surya_99darma for sharing another about guitar please

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar balok? Ini maksudnya kunci gantung/power chord ya? Sebenernya gak terlalu ada hubungannya belajar suatu teknik dengan jenis gitar. Kata kuncinya memudahkan atau nggak, itu aja.

      Ya kalau gue sih pastinya vote buat gitar folk ya. Yang penting kan memudahkan proses belajar karena necknya relatif kecil.

      Delete
    2. Makasih Bang Berarti GUA Harus Nabung dulu Hahahah....
      KOLO Menurut lu Bagusan Make akustik/klasik bang

      Delete
  42. Lebih baik beli gitar klasik senar nilon yg nyaman di jari tapi nek lebar atau beli gitar akustik senar baja yg agak sakit di jari tapi neck ramping??? Tolong sarannya buat pemula seperti ane yg baru mau beli gitar????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sakit itu kan karena ujung2 jari belum terbiasa aja, seminggu-dua minggu intens belajar, biasanya udah gak sakit kok. Jadi, coba dipertimbangkan dari segi nyamannya aja gimana :D

      Delete
  43. Mas nanya, anak saya, perempuan, SMA mulai belajar gitar dari temennya dan sekarang minta dibelikan gitar. Saya ngga ngerti blasss soal gitar, sebaiknya beli yang jenis,model, merk yg apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm, baiknya sih saya ikut nemenin beli aja (lah).

      Gini-gini, mungkin sebaiknya pas beli, dipertimbangkan dari segi kenyamanan aja dulu:

      1. Neken senarnya berat atau nggak? (karena kalo neken sakit wajar kalo baru mau mulai belajar)

      2. Pangku gitarnya, gedean mana sama badan? Pilih yang seimbang

      3. Lebih suka suara gitar strings/nilon?
      4. Suaranya enak gak menurut kuping anaknya?

      Udah sih itu aja, kalo model mah sesuai selera aja.

      Delete
  44. Gitar buat pemula budget -1jt yg bagus, ada gk sih ka? Btw aku msh smp badanku gk terlalu besa, aku bnr2 gk ngerti soal gitar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo gitu kira-kira mau apa dulu nih, gedein badan atau gedein budget? :D

      Gitar satu jutaan biasanya bukan buat (harga) pemula, yang lebih murah juga ada, tapi yang lebih mahal juga banyak. (lalu dinyamukin)

      Delete
  45. Ka kalo yamaha f310 sama yamaha fg700s bagus mana yah , aku punya gitar tapi handmade terus senarnya ketinggian ka jadi harus neken banget jarinya itu , makanya mau beli gitar yg lain ka , mohon bantuannya ka , lebih baik yg mananya... Makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipe mana aja sebenernya gak masalah, yang penting kamu pakenya enak.

      Delete
  46. Oohhh jd klo senar neken banget itu ketinggian? Btw ketinggian apa ya? Jadi tambah sakit gitu ya nekennya? Bener2 ngk ngerti nih. Bljar dr youtube jg tambah bingug.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba boleh googling soal berapa rekomendasi action senar (jarak ketinggian senar) yang proper. Asal jangan sampe buzzing (senar nempel ke fretboard) karena terlalu ceper.

      Delete
  47. ka, temenin gue beli gitar dong :')

    ReplyDelete
  48. Kak, saya pemula nih udab niat bgt beli gitar dari dulu tp blm kesampean. Pernah belajar gitar pas kelas seni musik aja jaman sekolah dulu skrg blass lupa semua kunci2nya karna gapernah main gitar lagi. Lebih suka yg string sih, dari suara dan body gitar tp sakit jari2nya.
    Minta rekomendasi merk gitar yg pas dong kak? Yg cocok buat yg mau nelajar dari awal lg kayak sy ini.
    Kalau bisa, jgn yg mahal2 heheh.
    Terimakasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa cek-cek merk berikut: Cort, Yamaha, Anderson, Guild, Crafter.

      Delete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Bang saya sering coba coba gitar akustik-elektrik temen, kok tone merk epiphone gibson lebih agak midle yah ketimbang merk yamaha cort taylor yg treble gitu ? Padahal pake senar merk ukurannya sama. EQ nya juga disamain bang

    Merk pabrik pengaruh karakter tonenya gak sih bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue rasa karena kayu yang dipakai gitar tersebut plus pabrikan senar yang dipakai. Seperti contohnya, kalo sepengalaman gue nyoba gitar squire/fender strat tapi pake senar elixir, rasanya akan sangat graspy (karena karakter dari elixir), di mana seharusnya mainin strat itu lebih ke arah bounchy. Seperti halnya perbedaan rasa kalo mainin Gibson/ESP pake Elixir.

      Delete
  51. Bang gue baru mau les gitar nih di suatu tempat, menurut lo, gue beli gitar dulu baru ikutan les apa les dulu (tes gitar yg ada di tempat les) baru gue beli? Sumpeh konfyus bgt nih:( soalnya gue mau beli gitar jg masi bingung mau klasik apa akustik:( hehehe plis jawab heheheh😁😁😁 btw artikelnya bagus bgt, jd nambag ilmu ini hohohoπŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gue sih, akan coba les dulu selama kurang lebih dua minggu hingga sebulan, buat liat gimana suasana di tempat les asik atau nggak. Kalau cocok, baru beli gear sendiri, supaya ngejalanin lesnya juga enjoy.

      Gak ada yang lebih enak daripada gear punya/pilihan sendiri.

      Delete
  52. bang, dana 1,5 kira2 yg bagus antara yamaha / kort model folk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi-lagi, pilih berdasarkan yang paling nyaman aja dulu dipegang, baru lihat suara dan harga.

      Delete
  53. Bang gua mau beli gitar lewat online shop tpi bingung, minta rekomendasi toko online shop trpercaya dan barang ori bang !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue sih gak berani ya beli online kecuali lo udah pernah pegang barangnya. Gue masih prefer beli offline ya.

      Delete
  54. Bang, mau nanya, gitar Caraya menurut lu gimana? Bagus gak sih? Gua lagi bimbang antara mau beli gitar caraya atau custom

    ReplyDelete
  55. Hai bang mau tanya dong, umurku hampir 22 tahun dan baru mau mulai belajar main gitar, kira-kira masih bisa atau mending aku move belajar instrumen lain ya? Pengen banget bisa main satu alat musik aja selain rekorder soalnya :')
    Terimakasihhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada kata telat untuk belajar, asal tekun aja :)

      Delete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang, saya udah pandai main gitar bahkan udah mulai bisa fingerstyle, tapi kok saya masih jomblo bang? :')

      Delete
  57. Om kalo cari gitar mitchell md 90 fi jakarta d mana ya

    ReplyDelete
  58. Om kalo cari gitar mitchell md 90 fi jakarta d mana ya

    ReplyDelete
  59. Gan di budged 2-3 juta itu yg cocok gitar merk apa ya, sya si lebih suka mainin fingerstyle walau blum terlalu bisa dan masih belajar juga, dan saran agan mending custom sama luthier atau beli yg ori kaya yamaha atau ibanez gitu ya, sama toko alat musik yang lengkap di semarang itu dimana ya gan kira kira hehe 😁 maap banyak nanya πŸ˜‚

    ReplyDelete
  60. jd gini ka, aku kepengen belajar gitar karena rata rata temen cewe di sklh bisa main, jd pas awal masuk kls 9 Seni Budaya dibagi jadi 2, Rupa sama Musik.Aku ambil Rupa karna aku pikir aku ga bisa main alat musik dan ternyata begitu setengah jalan Rupa susahnya minta ampun, kepengen pindah ga boleh ga pindah jelek, serba salah jadinya, di deket rumah aku ada kayak toko buku semacam gramedia cuma kecil kecilan yang pas buat kantong pelajar, disana dijual gitar 100 rban, menurut kaka mendingan beli gitar yg 100 rban ato lgsg beli yg bagusan gitu? kl yang bagusan 1 jt lebih. Karna aku masuk Rupa jd sih gitar cuma buat main main dirumah palingan

    ReplyDelete