GunboundM Newbie Guide

2 comments



Hey, it's me again!

Buat yang tumbuh gede di era kejayaan warnet di mana pelanggan hariannya adalah gerombolan anak balik sekolah untuk main Ragnarok dan Counter Strike, Gunbound bisa jadi salah satu game legendaris penuh kenangan pada masanya.

Setelah sempet dikecewain berkali-kali oleh beragam evolusi versi Gunbound dan developer yang gonta-ganti gak jelas, rasa kangen gue akhirnya terobati dengan rilisnya Gunbound versi mobile; dengan isian sebenar-benarnya Gunbound klasik. Ya temanya, ya lagunya, ya mobilnya, jangan lah kau utak-atik lagi esensi sakral ini wahai para pengembang.

Di game ini, gue kembali dengan username "deathman99" demi nostalgia mengenang akun Gunbound level tongkat gue yang sudah lenyap bersama prestasi Tata Busana semasa sekolah. Setelah main kurang lebih sebulan, gue mau share beberapa tips dan pengalaman yang mungkin berguna buat qamo-qamo yang baru aja mulai main. Semoga berguna yak.
Gems Guide : How to spend it wisely?
Ngumpulin Gems adalah satu-satunya alasan kenapa lo mau menang terus di game ini. Dan agar lo bisa ngebagusin char dengan cara yang barokah dan bijak, maka baiknya lo juga belajar gimana caranya menghabiskan gems ini dengan cara yang efektif, yang nantinya juga akan berdampak ke peningkatan winning rate lo sebagai pemain.

Di GunboundM, sebenernya ada beberapa mata uang yang dipake untuk mengembangkan mobil dan avatar, yaitu Gem, Gears, dan Gold. Tapi Gem sebagai premium currency di sini (argueably) adalah kunci dari segalanya.

Gem bisa lo dapetin dari berbagai sumber yaitu:


Season League Award
Kejar liga adalah goals pertama lo di GunboundM. Semakin tinggi kelas liganya, semakin gede juga bonus gems yang lo dapet. Banyak-banyak latihan, menang, dan lo akan dipromosikan ke liga yang lebih baik. Setelah liga berakhir, lo akan mendapatkan 'Season Reward' berupa Gem, Gold, dan Gear. 

Tips: Berhemat-hematlah dengan gem, karena ngedapetin gem di game ini susahnya luar biasa. Gue saranin untuk 150 gems pertama, sebaiknya habiskan untuk avatar card demi bonus ability-nya.
sekaligus ngedapetin koleksi mobil yang bisa lo coba-coba. Kelas C gak masalah, karena mobil kelas A bisa nyusul nanti-nanti.

Dengan strategi berikut ini, lo akan mendapatkan banyak mobile card untuk di-craft sebagai koleksi awal, sekaligus nyicil avatar-card sepanjang berlangsungnya karir permainan lo. Yang penting adalah dapetin avatar,  biar mobil lo bisa bertahan lebih lama, bikin kesempatan menang juga lebih besar.

Here's how it works:

1. Beli 70.000 gold seharga 150 gems. Lalu habiskan seluruh gold lo untuk Mobile Card Pack 1 seharga 1,000 gold. Satu card pack berisi 5 kartu, jadi lo akan dapetin 70 card pack dengan total 350 mobile card.


2. Craft semua mobil kelas B/C yang sekiranya lo akan pakai. Sisanya, extract semua mobile card untuk dijadiin gear hingga terkumpul (mudah-mudahan) 200 gears.


3. Habiskan 200 gears ini untuk membeli 1 Gear Avatar Pack. Selain mempercepat crafting avatar. tips ini tentu biar lo punya koleksi avatar paling nggak untuk pertama kali. Karena by the time, lo bisa dapetin avatar card setelah menang battle kalo beruntung.

Jadi sekarang lo (harusnya) udah punya semua basic mobile kelas B/C untuk dipakai, serta kartu avatar untuk di-craft di kemudian hari. 150 gems putaran kedua harusnya gak sesulit yang pertama, karena lo udah punya mobil yang sesuai preferensi bermain. Coba untuk selalu menang dan selesaiin achievement list, 150 gems gak butuh waktu lama kok.


Achievement
Jangan main tanpa rencana. Biasakan selalu cek achievement list dan tentukan target mana yang mau dicapai saat bermain.  Beberapa achievement juga tergolong mudah seperti contohnya gacha jewel dan mendapatkan win streak dalam battle training.


Daily Attendance Reward
Sumber gems terakhir adalah dari Daily Reward. Iya sih nggak bisa diharapkan, tapi hanya dengan login tiap hari, seenggaknya pemasukan gems lo bisa sedikit bertambah.
Mobile Guide: Playing Strategy
1. BigFoot

Salah satu mobil yang terkenal reputasinya untuk jadi starter para newbie. Kabar baiknya, damage BigFoot di GunboundM jauh lebih baik daripada versi lawasnya.

But still, mobil ini (masih aja) kurang cocok dipakai untuk menembak musuh yang jauh. Dengan tipe senjata roket yang mencar-mencar, udah pasti mobil ini nggak cocok untuk high-angle shot. Tapi dengan blast radius (range ledakan) dan daya rusak yang bagus, bungee shot adalah strategi terbaik jika memungkinkan.

2. Armor Mobile

Punya damage rata-rata (140-180) dengan blast radius yang besar. Di meta saat ini (Feb 2018), Armor Mobile cocok untuk jadi counter-starter berhubung masih banyak pemain yang memakai nature-type sebagai starter mobile. Satu-satunya kesulitan di mobil ini adalah mendapatkan sudut tembak yang baik. Jika kamu tenggelam di dalam lobang akibat tembakan Grub, biasanya sih langsung wasalam.

3. Mage

Mobil ini punya reputasi yang berbeda dari era kejayaannya. Kalo dulu terkenal punya damage yang secara keseluruhan lumayan sakit, di GunboundM terkenal dengan damage Special Shot nya. Cukup dengan dua garis laser aja, mobil yang sial bisa dapet sekitar 400-500 damage sekali hit! Sayangnya utilisasi weapon 2 di GunboundM kurang jadi favorit berhubung tipe animasi tembakannya yang agak beda.
 
4. Grub

Dengan map yang shufflingnya sungguh random, rasanya agak sulit buat memaksimalisasi kegunaan Grub di setiap battle. Tapi sebenernya mobil ini high-rewarding kok. Dengan modal stats damage di atas rata-rata (210) dan hopefully dapet map yang bagus, Grub ini rajanya double-kill hanya dengan 2-3 turn!

5. Asate

Asate terkenal sebagai mobil yang dibenci khalayak karena tipe tembakannya yang minim perhitungan alias 'tembak mana aja kena'.Kekurangan dan kelebihan mobil ini sialnya justru terletak pada senjatanya yang nggak distance-friendly.

Dengan mengandalkan laser satellite sebagai senjata, mobil ini akan terasa sangat menyiksa jika berada dalam jarak yang terlalu jauh, atau dalam posisi berbeda ketinggian dengan musuh. Kalo gak punya teleport, rage-quit adalah pilihan terbaik. Gue sendiri jarang pakai mobil ini karena daya tahannya yang cenderung kerupuk.

6. J.D

Mobil ini punya nasib yang paling tragis diantara seluruh mobil: SS yang tidak dapat diandalkan. Saat seluruh mobil berharap untuk segera diisi S-charge-nya, JD dengan special shotnya hanya bisa sedot-sedot cantik dengan damage yang bukan main gelinya sambil berharap dapat kesempatan bungee-shot yang bagus.

Yaaa biar pun begitu, kelebihan mobil ini tentu terletak pada six-hit weapon 1-nya. Damage yang nggak sakit, daya tahan rata-rata, dan tipe senjata yang interuptif,  kayaknya takdir mobil ini adalah sebagai pelengkap strategi. Jadi, sebaiknya sih ambil JD saat lo main bareng sama temen, sehingga strategi saat battle dan pemilihan mobil bisa lebih disesuaikan.

7. Ice (coming soon)

8. Turtle (coming soon)

9. Lightning (coming soon)

10. Boomer

Kecuali penampakannya, Boomer di GunboundM dirombak besar-besaran untuk menyesuaikan versi mobile-nya. Dengan damage yang ampun sakitnya ke rata-rata semua jenis mobil, Boomer adalah termasuk mobil yang gampang sekarat karena HP-nya yang hanya 560 poin dan seringkali jadi langganan target utama.

Lupain deh segala rumus kurva di versi lawasnya, karena di GunboundM kamu cuma perlu belajar seberapa kencang angin mempengaruhi garis jatuh bumerangnya, yang mana prakteknya sih gampang-gampang susah. Boomer juga hampir selalu bisa mengenai lawan di segala bentuk medan, thanks to hit-boxnya yang kecil. Berkah ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi mobil-mobil ucup yang gak tau kenapa hobi banget nempel satu sama lain.

11. Aduka (coming soon)

12. Nak Machine (coming soon)

14. Arrow (coming soon)

15. Plaz (coming soon)

16. Trico (coming soon)

17. Raon Launcher (coming soon)

18. Slam (coming soon)

19. Malite (coming soon)

20. Goss (coming soon)

21. Arrow (coming soon)

Setelah lo punya koleksi mobil yang variatif, ini saatnya menentukan preferensi bermain. Sebaiknya lo bikin dua komposisi mobil untuk main Score & Pro Battle (solo).

Score: 

Idealnya, mobil yang keras dengan tipe tembakan yang dapat diandalkan pastinya selalu jadi pilihan. Meski disaranin untuk pilih komposisi dengan tipe mobil yang beda, gue sih bodo amat ya. Selama mobil susah mati dan tembakan kena terus, nothing to worry.


Komposisi Score Team gue saat ini: Nak Mobile, Turtle, dan Boomer. 

Nak Strategy: Mobil ini gue pilih sebagai starter karena sepertinya Nak akan bagus saat terrain belum terlalu rusak. Nak juga tergolong tipe mesin yang keras dan punya damage yang besar. Thanks to weapon 2 yang bisa nembak langsung ke roda bawah mobil (titik lemah setiap mobil). Kekurangannya udah pasti terrain dan obstacle yang melayang. Jadi, gue cuma bisa berharap dapet porsi terrain yang banyak dan dalem.


Turtle Strategy: Turtle gue pilih sebagai mobil kedua, untuk jadi 'juru killing' karena weaponnya yang presisi, sekaligus menyesuaikan keadaan terrain yang pasti udah pecah-pecah. Jadi, Turtle gak perlu jalan jauh untuk mendukung sudut tembak weapon 2. Stats HP & damage juga sama kerasnya dengan Nak, musuh biasanya udah capek nembakin mobil yang keras di putaran kedua.

Boomer Strategy: Boomer di GunboundM agak beda dari Boomer versi lawas. Mobil ini gue pilih sebagai finisher karena mobil ini punya HP paling kecil tapi damage dan hit box yang alamak sakitnya. Trik tembakannya pun sebenernya gak sulit. Tinggal posisikan titik jatohnya pas di atas kepala mobil musuh. Pasti kena :)

Pro Battle (solo)

Untuk pro battle, objektif utama lo adalah bisa nge-kill 1 mobil musuh secepatnya. Karena setelah satu mobil mati, battle sebenarnya baru lah akan dimulai.


Komposisi Pro Battle Team gue: Ice, Grub, dan Turtle.

Strateginya cukup sederhana, Ice gue pilih sebagai starter untuk bikin lobang di area musuh. Agar Grub bisa manfaatin seluruh celah biar damage yang didapet maksimal. Dengan damage stats Grub yang mencapai 210, idealnya hanya butuh 2 turn untuk kill 1 mobile musuh dengan weapon 2. Turtle gue pilih sebagai finisher sebagai harapan terakhir
Item Guide: Best time to use
Bungee Shot: Idealnya, yang diandalkan dari Bungee Shot adalah area ledaknya, bukan damagenya. Jadi, dua prioritas lo adalah: Menghancurkan tanah dan menjatuhkan mobil yang masih punya banyak Hit Point.

Shield-teleport: Penggunaan item ini situasional banget. Gunakan untuk kabur dari Bungee Shot, tempat minim sudut tembak, atau melindungi diri dibalik obstacle. Jangan pindah hanya untuk di un-shield di turn berikutnya.

Dual: Item ini adalah game-changer. Dual di GunboundM dipakai untuk mengejar turn. Jangan pakai dual hanya untuk mencicil darah mobil demi sebuah kill di 12 turn pertama. Simpan dual-mu untuk saat terakhir, di mana kamu menjadi penentu kemenangan dan hanya tersisa satu kill lagi.

Multi-shot Bomb: Selain punya damage yang lumayan untuk last hit, yang dicari dari item ini adalah free 3 hits-nya. Penggunaannya akan makin maksimal saat ada Thor's Hammer, Snow Hammer (Satelit salju), dan ground-breaker cloud (itu lho yang bisa ngancurin tanah dari bawah) karena tembakan Hammer dihitung per-hit.

Shield: Idealnya, shield dipakai saat mobil lo sekarat dan baiknya udah punya SS. Jika memungkinkan, cari tempat yang terlindung dari musuh (tapi lo tetap bisa nembak) agar shield bertahan lebih lama.

Vampire: Cara terbaik untuk memaksimalkan penggunaan Vampire Shot adalah, saat-saat di mana lo yakin bisa mendapatkan damage besar dengan menggunakan SS (sekitar 300-500 akan mengisi HP mobil lo kurang lebih setengahnya).

Winning Guide:The Battle
Objektif utama saat battle adalah:

1. Mendapatkan 'Perfect Game' dari nge-kill dua mobil dalam satu tembakan.

2. Mendapatkan S-shot charge secepatnya via 'nice shot hit' (usahakan pakai mobil yang SS-nya bisa diandelin) yang bisa didapet dari 'sky shot, super sky shot, tornado shot', dll.

3. Memanfaatkan turn sebaik mungkin dengan mencari hit damage yang besar.


Dalam mewujudkan objektif tersebut, ada dua skenario yang sering terjadi yang bisa jadi bahan pembelajaran.

Idealnya dalam score battle, setiap mobil mencari targetnya masing-masing, dan masing-masing kubu selalu memakai mobil yang siap untuk double kill demi 'Perfect Game'. Tapi yang sering terjadi adalah setiap kubu ngeroyok satu mobil, membuat durasi permainan jadi lebih lama.

So that's it for now, guide lainnya pasti akan menyusul untuk di-update. Semoga membantu! \m/

2 comments:

  1. nostalgia banget sama ini game akhirnya rilis juga versioblie, ga pake babibu langsung download, dulu saya jago pakai aduka, mungkin harus bersabar sampe semua jenis mobil di releasw, thanks banget ya, kalau ga di share saya udah lupa kali sama game ini untuk di download

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengingat mobil yang legendaris dulu seperti Knight & Dragon aja belum rilis, tapi developer lebih milih bikin mobil baru lagi aja (Goss, Malite), sepertinya untuk rilis satu mobil yang cocok untuk versi smartphone emang membutuhkan kerja ekstra keras. Kitanya juga harus ekstra sabar :))

      Delete